Selasa, 16 Mei 2017

Beberapa Metode Perhitungan Usia Kehamilan

cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Hamil merpakan sebuah momen yang paling berharga bagi seorang ibu. Terkadang kita suka terkecoh dengan hitungan kehamilan. Kadang hitungan usia kehamilan kita belum waktunya melahirkan ternyata bayinya udah mau brojol. Kalau di sunda biasa di sebut “kerok”. Hal ini terjadi mungkin karena kita salah menghitung usia kehamilan atau karena faktor lain. ada beberapa cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 1-3 dan seterusnya. Bisa secara manual bisa juga secara otomatis dengan menggunakan aplikasi yang terpasang di gadget. Dengan mengetahui usia kehamilan, anda menjadi bisa melakukan hal yang terbaik untuk calon bayi mereka seperti makanan yang baik sesuai usia, pantangan-pantangan dan sebagainya. berikut cara menghitung usia kehamilan secara manual, diantaranya:
  1. Menggunakan kalender
Cara ini merupakan cara menghitung usia kehamilan yang paling klasik dan sudah digunakan sejak dahulu. Cara ini anda harus mengetahui tentang siklus haid anda. perhitungan kalender ini menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir dalan rumusan perhitungannya. Kemudian HPHT akan dihitung dengan rumus lain yang disebut Naegele. Caranya dengan HPHT ditamnah 7, lalu bulan hai dikurangi 3 dan tahun ditambah satu. Rumusnya meman sederhana, oleh karena itu rumus ini sering digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur.

  1. Sistem fundus uteri
Cara ini merupakan cara menghitung usia kehamilan kedua dengan carameraba bagian rahim terutama bagian yang terasa menonjol di perut. Caranya menhitungnya dimulai dari tulang kemaluan. Jika ukuran tulang kemaluan sampai puncak rahim kira-kira 28cm, maka bisa diperkirakan usia kehamilannya sudah memasuki minggu ke 28 dab begitu seterusnya. Jika berat badan ibu hamil normah maka dapat dihitung dengan menggunakan dua jari mulai dari tulang kemaluan hingga fundus uteri. Hitungannya, setiap dua jari anda menunjukan dua minggu usia kehamilan anda.

Itulah beberapa cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 1-3 dan seterusnya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan program hamil. Usahakan untuk melakukan pola hidup sehat agar janin yang terkandung dapat tumbuh dengan sempurna.

Start typing and press Enter to search